Beberapa Macam Jenis Kebudayaan

By | November 18, 2020

Macam Jenis Kebudayaan Bisa diambil simpulan jika kebudayaan ialah hasil buah budi manusia untuk capai kesempurnaan hidup. Hasil buah budi (budaya) manusia itu bisa kita bagi jadi 2 jenis:

Kebudayaan material (lahir), yakni agen slot online terpercaya kebudayaan yang berbentuk kebendaan.
misalkan : rumah, gedung, beberapa alat senjata, mesin-mesin, baju dan lain-lain.

Kebudayaan immaterial (religius=batin),
yakni : kebudayaan, tradisi istiadat, bahasa, ilmu dan pengetahuan dan lain-lain.

Elemen Kebudayaan
Elemen kebudayaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bermakna sisi satu kebudayaan yang bisa dipakai selaku unit riset spesifik. Adanya elemen itu, kebudayaan di sini lebih memiliki kandungan arti totalitas dibanding sebatas penjumlahan beberapa unsur yang ada didalamnya. Menurut Kluckhohn ada tujuh unsure dalam kebudayaan universal, yakni sistem religi dan upacara keagamaan, sistem organisasi bungkusyarakatan, sistem pengetahuan, sistem mata pencarian hidup, sistem teknologi dan perlengkapan, bahasa, dan kesenian. Untuk lebih terang, semasing dikasih paparan selaku berikut ini:

Mekanisme religi dan upacara keagamaan, adalah produk manusia selaku homo religious. Manusia yang mempunyai kepandaian perasaan dan pikiran mulia, responsif jika di atas kemampuan dianya ada kemampuan yang lain Mahabesar yang bisa “menghitam-putihkan” hidupnya. Oleh karenanya, manusia takut hingga menyembah-Nya dan lahirlah keyakinan yang saat ini jadi agama. Untuk merayu kemampuan besar itu supaya ingin mengikuti kamauan manusia, dikerjakan usaha yang direalisasikan dalam sistem religi dan upacara keagamaan.

organisasi bungkusyarakatan, adalah produk dari manusia selaku homo socius. Manusia sadar jika badannya kurang kuat. Tetapi, dengan akalnya manusia membuat kemampuan dengan membuat organisasi bungkusyarakatan yang disebut tempat bekerja bersama untuk capai arah bersama, yakni tingkatkan kesejahteraan hidupnya.

Mekanisme pengetahuan, adalah produk dari manusia selaku homo sapiens. Pengetahuan bisa didapat dari pertimbangan sendiri, selain itu dapat dari pertimbangan seseorang. Kekuatan manusia untuk ingat apa yang sudah dijumpai, selanjutnya sampaikannya ke seseorang lewat bahasa mengakibatkan pengetahuan ini menebar luas.
Mekanisme mata pencarian hidup, yang disebut produk dari manusia selaku homo economicus jadikan tingkat kehidupan manusia pada umumnya lagi bertambah.
tehnologi dan perlengkapan, adalah produksi dari manusia selaku homo faber. Mengambil sumber dari pikirannya yang pintar dan ditolong dengan tangannya yang bisa menggenggam suatu hal dengan kuat, manusia bisa membuat sekalian menggunakan satu alat. Dengan beberapa alat ciptaannya itu, manusia bisa lebih sanggup memenuhi keperluannya dibanding binatang.
Bahasa, adalah produk dari manusia selaku homo longuens. Bahasa manusia pada awalnya direalisasikan berbentuk sinyal (kode), yang selanjutnya disempurnakan berbentuk bahasa lisan, dan pada akhirnya jadi bahasa tulisan.
Kesenian, adalah dari hasil manusia selaku homo esteticus. Sesudah manusia bisa memenuhi keperluan fisiknya karena itu manusia perlu dan terus cari pemuas untuk penuhi keperluan psikisnya.