Seni Tradisional Menarik Untuk Jadi Aset Wisata

By | November 17, 2020

Seni Tradisional Seni pementasan tradisionil atau seni pementasan kekinian/kreativitas pada suatu pertunjukan adalah suatu hal yang diharap-harapkan kelompok seniman atau karyawan seni. Satu kebanggaan jika seorang seniman memiliki hak untuk panggung di dalamnya, Bola Online Terpercaya apa lagi pertunjukan itu berkualitas nasional atau internasional.

Tidak dapat disangkal jika jauh saat sebelum seni pementasan di masa kini ini, pada periode lalu di mana warga tradisionil panggung di kampung-kampung, di tanah lega. Di muka kades atau depan warga banyak, adalah satu kebanggaan. Untuk mereka panggung di satu daerah itu satu yang paling teristimewa, seperti satu aktivitas yang tidak sembarangan orang bisa melakukan.

Seniman tradisionil terus mengumandangkan pesan dan arti yang baik untuk penduduknya. Baik lewat seni teater, seni tari, gambar, pahat dan lain-lain. Itu bisa kita saksikan dan rasakan pada seni-seni tradisionil warisan mereka.

Seni mereka adalah kejujuran hati hingga mempunyai nilai jual yang tinggi sampai dipanggil ‘yang tidak ternilai harga”. Sampai saat ini hasil kreasi mereka tidak ada yang bisa melebihinya. Bahkan juga jadi injakan untuk beberapa karya inovatif dan inovatif seniman-seniman.

Seniman dan budayawan dan karyawan seni saat ini bekerja melestarikan seni budaya itu. Dan mereka selamatkan seni budaya itu untuk selama-lamanya dengan turun turun dan selamatkan sosial budaya dan melestarikan kehidupan manusia selanjutkan.

Karena itu semestinya diberi hak pelindungan pada seni tradisionil dan diberi hak cipta. Hasil dari kreasi beberapa seniman dan karyawan seni.

Seni itu tentu dipunyai tiap umat manusia, semenjak dia lahir selaku karunia Tuhan Yang Maha Esa ke hambanya tiada kecuali. Tinggal mereka pengin mengembangkannya melalui kemauannya atau cuman diam sampai akhir hayatnya.

Seni itu tidak dipenjarakan baik itu oleh hukum atau oleh seseorang bila nilainya positif. Sebab seni itu mencakup kebebasan mengatakan opini lewat beberapa gerakan, hasil dari kreasi atau beberapa ide dengan berharga positif. Bila nilai positifnya tinggi karena itu dia mempunyai hak-hak asasi ekonomi atau Properti Right. Yakni hak untuk mempunyai suatu hal, beli dan menjualnya dan memakainya.
Kecuali hak asasi ekonomi, seni mempunyai hak-hak asasi politik atau Political Right, yakni hak untuk ikut dalam pemerintah. Hak pilihan (pilih dan diputuskan dalam penyeleksian umum), dan membangun parpol.
Tetapi pada membangun parpol saat ini jarang ada bahkan juga belum kedengar dalam telinga saya sanggar seni. Atau komune budaya berpindah jadi parpol.